Pencanangan Zona Integritas BPS Kota Banjarbaru - News - BPS-Statistics Indonesia Kalimantan Selatan Province

Complete Enumeration Results of the 2023 Census of Agriculture - Edition 2 has been released please click this following link.

Pencanangan Zona Integritas BPS Kota Banjarbaru

Pencanangan Zona Integritas BPS Kota Banjarbaru

May 23, 2024 | Other Activities


Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan menghadiri kegiatan Pencanangan Zona Integritas (ZI) BPS Kota Banjarbaru pada Selasa (21/05) di Favehotel Banjarbaru, Jalan Ahmad Yani, Kota Banjarbaru. Kegiatan ini turut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru yang mewakili Walikota, serta berbagai unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarbaru. Pada kesempatan ini, Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan komitmen Badan Pusat Statistik dalam melaksanakan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) lewat pelayanan yang prima kepada masyarakat dan segenap pengguna data. Beliau juga menuturkan pentingnya koordinasi dengan pemerintah daerah sebagai salah satu pengguna data utama BPS, yang mana hal ini sejalan dengan upaya pelaksanaan Satu Data Indonesia (SDI).  

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru menyampaikan pentingnya pembangunan Zona Integritas ini untuk menjaga kualitas dan marwah pemerintahan sebagai abdi masyarakat yang amanah, utamanya dalam pemanfaatan anggaran atau pelaksanaan kegiatan yang menjadi pertanggungjawaban terhadap rakyat. Beliau juga menambahkan bahwa BPS secara spesifik tidak hanya harus berintegritas dalam pemanfaatan anggaran, namun juga wajib untuk menjaga integritas terhadap data-data yang dihasilkan dan dimanfaatkan oleh khalayak. Hal ini perlu diperhatikan pada setiap proses pendataan mulai dari memastikan kualitas petugas yang layak, metodologi yang digunakan, serta praktik pengumpulan data di lapangan, sehingga data-data statistik yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan, utamanya bila digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan pemerintah. Setelah dilakukan penandatanganan piagam pencanangan ZI oleh Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan dan BPS Kota Banjarbaru, Sekretaris Daerah, serta jajaran Forkopimda, kegiatan dilanjutkan dengan Pembinaan Statistik Sektoral. 

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan (BPS-Statistics Kalimantan Selatan Province) Alamat : Jl. Soekarno Hatta/Trikora No 7 Banjarbaru

Indonesia. Telepon : +62 511 6749001

Fax : +62 511 6749106 Email : bps6300@bps.go.id

bps6300@gmail.com

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia