Kualitas Inda menentukan Keberhasilan Podes 2014 - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan

Publikasi Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 - Tahap II telah terbit, silakan klik tautan berikut.

Kualitas Inda menentukan Keberhasilan Podes 2014

Kualitas  Inda menentukan Keberhasilan Podes 2014

20 Maret 2014 | Kegiatan Statistik Lainnya


Hasil Pendataan Potensi Desa (Podes)  merupakan satu-satunya sumber data tematik berbasis wilayah yang mampu menggambarkan potensi yang dimiliki oleh suatu wilayah setingkat desa.

           Bertempat di Hotel Nasa Banjarmasin, pada tanggal 16 – 19 Maret 2014, Pelatihan Instruktur Daerah (Inda) Podes 2014 diikuti sebanyak 19 orang peserta. Terdiri dari 13 orang peserta dari BPS Kabupaten/kota dan 6 orang dari BPS Provinsi Kalimantan Selatan.

Pelatihan Inda Podes 2014 secara resmi dibuka oleh Dyan Pramono Effendi Kepala BPS provinsi Kalimantan Selatan didampingi Agnes Widiastuti (Kabid Statistik Sosial) dan M.Iskandar Edris  (Staf Subdit Statistik Ketahanan wilayah direktorat ketahanan sosial BPS RI sebagai Instruktur Nasional (Innas) Podes 2014.

Pelatihan Inda Podes 2014 di Banjarmasin, menurut Dyan merupakan salah satu tahapan penting dalam kegiatan pengumpulan data yang dilakukan secara massal. Kualitas Inda dalam mempelajari semua materi yang diajarkan Innas tidak hanya penting untuk menentukan kualitas petugas lapangan yang handal dan bertanggung jawab, akan tetapi juga kualitas data dalam rangka menentukan keberhasilan Podes 2014. Keberhasilan data Podes 2014 itu akan menghasilkan informasi penting berbasis wilayah dalam berbagai keperluan oleh berbagai pihak yang membutuhkan. Oleh sebab itu lanjut Dyan, data dan informasi tentang potensi spesifik yang dimiliki oleh semua wilayah hingga tingkat terkecil (small areas) merupakan bahan yang penting bagi perencanaan, implementasi, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah baik secara umum maupun spesifik menurut wilayah tertentu. Sehingga data Podes nantinya dapat digunakan untuk identifikasi tipologi wilayah perkotaan-pedesaan, pesisir-nonpesisir, tertinggal-nontertinggal dan sebagainya.

Oleh karena itu, sebagai instruktur daerah (Inda) Podes 2014, diharapkan tidak hanya memahami benar konsep-konsep yang dikenalkan dalam pelatihan dan mengajarkannya kepada petugas dilapangan, akan tetapi Inda juga diberi tanggung jawab moral untuk menjamin kualitas (pengawasan dan pemeriksaan) data Podes yang akan dikumpulkan oleh para petugas lapangan.

Dalam kesempatan ini Dyan juga mengingatkan bahwa, padatnya jadwal kegiatan BPS pada tahun 2014 serta adanya pemilu legislatif pada tanggal 9 April 2014. Diharapkan tidak mengganggu target penyelesaian kegiatan lapangan Podes 2014. Diharapkan semua pihak terkait, dapat merancang sejak dini pembagian tugas bagi para petugas pelaksana dengan sebaik-baiknya, sehingga semua kegiatan dapat diselesaikan tepat waktu.

Disamping itu, Dyan juga meminta kepada Inda agar mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, tertib, dan disiplin serta penuh tanggung jawab. Upaya di atas dapat terwujud bila kita bersama-sama melaksanakan budaya kerja BPS, yaitu Profesional, Integritas, dan Amanah dalam menjalankan tugas, pungkasnya.

My
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan (BPS-Statistics Kalimantan Selatan Province) Alamat : Jl. Soekarno Hatta/Trikora No 7 Banjarbaru

Indonesia. Telepon : +62 511 6749001

Fax : +62 511 6749106 Email : bps6300@bps.go.id

bps6300@gmail.com

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik