MENUJU SENSUS PERTANIAN 2023 - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan

Publikasi Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 - Tahap II telah terbit, silakan klik tautan berikut.

MENUJU SENSUS PERTANIAN 2023

MENUJU SENSUS PERTANIAN 2023

2 November 2022 | Kegiatan Statistik


Kebutuhan pangan merupakan suatu bahasan yang begitu menarik dari masa ke masa. Sektor pertanian sebagai sektor utama dalam pemenuhan pangan memerlukan data yang akurat dan terkini. Tantangan akan kebutuhan data tersebut akan terjawab oleh agenda rutin sepuluh tahunan dalam hal pendataan pertanian yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), yaitu sensus pertanian.

Sensus pertanian pertama kali diselenggarakan BPS pada tahun 1963. Sejak itu, sensus pertanian selalu mengalami perkembangan. Awalnya sensus pertanian hanya dilakukan di kawasan pedesaan, menggunakan satu metode pendataan yaitu menggunakan kertas dan pensil, tahun 2023 nanti cakupannya berkembang menjadi wilayah pedesaan maupun perkotaan dengan berbagai tambahan metode pendataan antara lain Computer Asissted Personal Interviewing (CAPI) dan Computer Assisted Web Interviewing (CAWI). Selain itu, ST2023 dirancang agar hasil yang diperoleh berstandar internasional sehingga mengacu pada program FAO yang dikenal dengan sesuai World Programme for the Census of Agriculture (WCA). Adapun data yang dihasilkan adalah Data Pokok Pertanian Nasional, Petani Gurem, Indikator SDGs Pertanian, Small Scale Food Producer dan Geospasial Statistik Pertanian.

Menuju hajatan besar ST2023, BPS Provinsi Kalimantan Selatan telah melakukan sosialisasi pelaksanaan ST2023 dalam tajuk Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang diselenggarakan pada tanggal 1 – 4 November 2022 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin. Pembukaan rakorda secara resmi ditandai dengan pemotongan padi Bersama-sama oleh Yos Rusdiansyah, SE, MM (Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan), Muhammad Adnan, S.Si, M.Si (BPS RI) dan  Imam Subarkah, SP (Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan) yang didampingi oleh Ahmad Mudzakkir (Kepala Bagian Umum BPS Provinsi Kalimantan Selatan) dan Ir. Rismanto, MP (Ketua Tim Sensus Pertanian 2023).

Dalam sambutannya, Yos Rusdiansyah menyampaikan bahwa Rakorda ST2023 diharapkan dapat menambah wawasan baru dalam dunia pertanian dan menjadi titik awal sosialisasi Sensus Pertanian 2023 ke dinas/instansi. Beberapa narasumber yang berhadir dalam kegiatan ST2023 adalah Imam Subarkah, SP (Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan), Gandang Saputro (Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan), Ir. Umi Salawati, M.Si (Akademisi ULM), Drs. Andi Muharram (Kontak Tanai Nelayan Andalan), Benny Tomasila, SP (Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Kalimantan), dan Muhammad Adnan, S.Si, M.Si (BPS RI). Kegiatan Rakorda ST2023 dihadiri oleh perwakilan BPS Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan.

Kegiatan ST2023 diharapkan dapat menjawab kebutuhan data pertanian yang sangat dinamis baik pada level nasional maupun level global. Oleh karena itu, sensus pertanian ketujuh pada ST2023 mengusung tema “Mencatat Pertanian Indonesia untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani”. (Nanda PP)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan (BPS-Statistics Kalimantan Selatan Province) Alamat : Jl. Soekarno Hatta/Trikora No 7 Banjarbaru

Indonesia. Telepon : +62 511 6749001

Fax : +62 511 6749106 Email : bps6300@bps.go.id

bps6300@gmail.com

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik