BPS Menyampaikan Data Kemiskinan Makro pada Sosialisasi Penyusunan Dokumen RPKD - News - BPS-Statistics Indonesia Kalimantan Selatan Province

Complete Enumeration Results of the 2023 Census of Agriculture - Edition 2 has been released please click this following link.

BPS Menyampaikan Data Kemiskinan Makro pada Sosialisasi Penyusunan Dokumen RPKD

BPS Menyampaikan Data Kemiskinan Makro pada Sosialisasi Penyusunan Dokumen RPKD

June 21, 2022 | Other Activities


Banjarbaru- Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kegiatan sosialisasi penyusunan dokumen Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RPKD) dan Rencana Aksi Tahunan (RAT) Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan hari Selasa, 21 Juni 2022. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti amanat pasal 5 ayat(2) Peraturan Menteri Dalam Negeri RI No.53 Tahun 2020 terkait tugas Kab/Kota untuk menyusun Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RPKD) dan Rencana Aksi Tahunan penanggulangan kemiskinan Kabupaten/Kota.

Peserta sosialisasi berasal dari berbagai instansi seperti Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, Kanwil BKKBN Kalimantan Selatan, Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, serta beberapa dinas terkait lainnya. Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan, Yos Rusdiansyah turut diundang sebagai narasumber.

Pada kesempatan ini, Pak Yos Rusdiasnyah memaparkan kondisi kemiskinan makro dari berbagai data yang dihasilkan oleh BPS. Selain itu, juga dijelaskan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kemisikinan di Kalimantan Selatan dan cara BPS mendapatkan angkanya. Selain memberikan informasi kemisikinan makro, Pak Yos Rusdiansyah juga memberikan sebuah motivasi untuk semua kalangan, baik pejabat dan pemerintah untuk bergandeng tangan dalam pengendalian angka kemiskinan. Satu orang dalam satu rumah tangga miskin yang bisa menjadikan satu anaknya Sarjana yang handal dan produktif, diharapkan memberi langkah maju untuk keluarganya dan baik untuk lingkungannya, sehingga bisa melepaskan diri dari perangkap kemiskinan.

Diharapkan dari informasi yang disampaikan, pemerintah daerah dapat menyusun RPKD dan RAT yang lebih seragam dan tepat sasaran sehingga kebijakan yang dihasilkan bisa lebih baik.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan (BPS-Statistics Kalimantan Selatan Province) Alamat : Jl. Soekarno Hatta/Trikora No 7 Banjarbaru

Indonesia. Telepon : +62 511 6749001

Fax : +62 511 6749106 Email : bps6300@bps.go.id

bps6300@gmail.com

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia