PELATIHAN PENCACAHAN BUKU BULANAN DAN UP DATING BLOK SENSUS DALAM RANGKA PERSIAPAN SURVEI BIAYA HIDUP TAHUN 2012 - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan

Publikasi Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 - Tahap II telah terbit, silakan klik tautan berikut.

PELATIHAN PENCACAHAN BUKU BULANAN DAN UP DATING BLOK SENSUS DALAM RANGKA PERSIAPAN SURVEI BIAYA HIDUP TAHUN 2012

PELATIHAN PENCACAHAN BUKU BULANAN DAN UP DATING BLOK SENSUS DALAM RANGKA PERSIAPAN SURVEI BIAYA HIDUP TAHUN 2012

1 Desember 2011 | Kegiatan Statistik Lainnya


Pelatihan Pencacahan Buku Bulanan dan Up Dating Blok Sensus dalam rangka Persiapan Survei Biaya Hidup tahun 2012, sebagai sampel untuk Provinsi Kalimantan Selatan , hanya di wilayah Kota Banjarmasin dan Kabupaten Tabalong.  


Kabid Statistik Distribusi Ir.Zulkifli,M.Si sedang memberikan pengarahan di tempat pelatihan Hotel Biuti Banjarmasin

Pada acara pembukaan pelatihan di Banjarmasin, berkesempatan hadir Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan  Bapak Iskandar Zulkarnain, SE, M.Si, Kepala BPS Kota Banjarmasin Bapak Ir.H.Rismanto, MP, Kabid Statistik Distribusi Bapak Ir.Zulkifli,M.Si, Kabid IPDS Slamet Supriyadi, S.Si, Innas Kota Banjarmasin Bapak Maserup, S.Si dan Sigit, S.ST serta peserta pelatihan. Dalam sambutannya Kabid Distr­ibusi Bapak Ir. Zulkipli, M.Si menjelaskan bahwa, pelatihan ini ada di dua tempat yakni di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Tabalong. Untuk  Kota Banjarmasin pelatihan bertempat di Hotel Biuti Banjarmasin, dari tanggal 16 sampai 18 Nopember 2011, dengan menurunkan petugas sebanyak  25 orang pencacah  dan 8 orang pengawas, baik dari pegawai BPS sendiri maupun mitra BPS Kota Banjarmasin. Di sampaikan juga bahwa sampel wilayah Kota Banjarmasin sebanyak 50 blok sensus dan 500 rumah tangga per triwulannya, dan untuk pelaksanaan updating blok sensus dan pencacahan buku bulanan dilaksanakan tanggal 28 Nopember sampai 3 Desember 2011.

Kepala BPS Provinsi Kal-Sel saat membuka pelatihan di Hotel Arofah Kabupaten Tabalong.

Pada pembukaan pelatihan di Kabupaten Tabalong, yang dihadiri oleh Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Iskandar Zulkarnain, SE, M.Si, Kepala BPS Kabupaten Tabalong Bapak Haryadi, SE, Kabid Statistik Distribusi Bapak Ir.Zulkifli,M.Si, Ibu Lia Ermayati Kasi Pengolahan Statistik Harga Perdesaan Direktorat Statistik Harga BPS RI, serta Bapak Maserup, S.Si, Bapak Wagiman sebagai Innas dan peserta pelatihan. Pada pelatihan di Kabupaten Tabalong, yang disampaikan oleh Bapak Haryadi,SE, bahwa pelatihan dilaksanakan di Hotel Arofah Tanjung, mulai tanggal 20 sampai dengan 22 Nopember 2011, dengan jumlah  petugas sebanyak 23 orang pencacah dan 8 orang pengawas, yang terdiri dari petugas BPS dan Mitra BPS Kabupaten Tabalong, dengan beban tugas di 30 blok sensus dan 300 rumah tangga per triwulannya.


Dalam sambutannya, di kedua tempat pelatihan, Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Iskandar Zulkarnain, SE, M.Si, menjelaskan bahwa survei ini mencatat bagaimana pola kehidupan dan kegiatan di masyarakat dalam rumah tangga, gunanya adalah untuk melihat perubahan pola konsumsinya. Sehingga nantinya akan mendapatkan data tentang paket komoditi yang paling banyak di konsumsi masyarakat dengan kualitas tertentu, dan sebagai pembanding antara konsumsi dengan pendapatan. Di jelaskan juga bahwa SBH (Survei Biaya Hidup) pertama kali dilaksanakan pada tahun 1977, sehingga pada SBH 2012 nanti sebagai pembanding pada SBH tahun 2007 yang lalu. Cakupannya tidak memandang apakah orang kaya maupun orang miskin, dan apabila terkena sampelSurvei Biaya Hidup maka orang tersebut harus dicacah/didata. Diakhir sambutannya sekaligus membuka pelatihan di kedua tempat, Bapak Iskandar Zulkarnain, berpesan kepada petugas pencacah dan pengawas yang terdiri dari mitra dan pegawai BPS untuk benar-benar mengikuti pelatihan ini dan memahami buku pedoman saat dalam pelatihan maupun setelah selesai mengikuti pelatihan. Apabila masih belum paham bisa ditanyakan langsung kepada pengawasnya atau  innasnya, sehingga tidak kesulitan saat mengisi quesionernya. Dan untuk Innas, Bapak Iskandar Zulkarnain juga berpesan agar peserta pelatihan dapat menyerap semua materi dan memahami  mengenai konsep dan definisi yang ada dalam buku pedoman. Acara ditutup dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Innas daerah.

§ Foto & Narasi by My

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan (BPS-Statistics Kalimantan Selatan Province) Alamat : Jl. Soekarno Hatta/Trikora No 7 Banjarbaru

Indonesia. Telepon : +62 511 6749001

Fax : +62 511 6749106 Email : bps6300@bps.go.id

bps6300@gmail.com

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik