IRTAMA KUNJUNGI PELATIHAN PETUGAS ST 2013 - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan

Publikasi Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 - Tahap II telah terbit, silakan klik tautan berikut.

IRTAMA KUNJUNGI PELATIHAN PETUGAS ST 2013

IRTAMA KUNJUNGI PELATIHAN PETUGAS ST 2013

7 Mei 2013 | Kegiatan Statistik Lainnya


K

amis (11/4)  yang lalu. Inspektur Utama BPS RI, Rusman Desiar didampingi Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan, Iskandar Zulkarnain  dan pejabat eselon III, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di dua Kabupaten yaitu BPS Kabupaten Tanah Laut dan BPS Kabupaten Banjar. Kunjungan Kerja Rusman Desiar kali ini dalam rangka melihat secara langsung pelaksanaan Pelatihan calon Petugas Kortim dan PCL Sensus Pertanian 2013 yang sedang dilaksanakan di Kalimantan Selatan.

Seperti halnya pelatihan yang berlangsung di Kabupaten Tanah Laut,  beberapa Training Center (TC) di Kecamatan  sudah melaksanakan pelatihan calon petugas Kortim dan PCL ST2013 pada bulan Maret 2013 yang lalu. Menurut Kepala BPS Kabupaten Tanah Laut, Agus Sateria, dimajukannya pelatihan di bulan Maret 2013, dikarenakan pada tanggal 25 April 2013 sedang berlangsung Pemilukada Kabupaten Tanah Laut. Sehingga dari 11 Kecamatan di Kabupaten Tanah Laut masih tersisa  tiga Kecamatan yang masih melaksanakan pelatihan calon petugas Kortim dan PCL ST2013  sampai dengan tanggal 11 April 2013. Lebih lanjut Agus menyampaikan, petugas Kortim dan PCL yang akan diturunkan saat pelaksaaan Sensus Pertanian 2013 sebanyak 404 orang.

                                 

Kunjungan di Kecamatan Pelaihari ruang aula SMEA, memberikan kesan tersendiri kepada Rusman Desiar yang didampingi Iskandar Zulkarnain, saat melihat secara langsung proses belajar dan mengajar Inda kepada calon petugas Kortim dan PCL ST2013,  sekaligus memberikan pengarahan kepada semua petugas yang sedang mengikuti pelatihan.

                                  

Berbeda pada kunjungan di Kabupaten Banjar, bertempat di gedung BPKB Banjarbaru, Rusman Desiar dan rombongan disambut Kepala BPS Kabupaten Banjar, Edy Rahmadi dan seluruh pegawai BPS Kabupaten Banjar. Dalam sambutannya, Edy Rahmadi menyampaikan bahwa, petugas yang diturunkan kelapangan sebanyak 696 orang. Petugas terbanyak se Kalsel ini, tersebar di 19 Kecamatan dengan 1.798 Blok Sensus. Selanjutnya, Rusman Desiar  membuka pelatihan calon petugas Kortim dan PCL ST2013 yang diawali dengan penyerahan Surat Perjanjian Kontrak kepada dua orang yang bertugas sebagai Kortim dan PCL.

Dalam arahannya di dua kabupaten, Rusman Desiar mengatakan bahwa tujuan ST2013 untuk mendapatkan data statistik pertanian terkini yang lengkap dan akurat sebagai potret kondisi pertanian di Indonesia. Sehingga diharapkan petugas dilapangan, baik bertugas sebagai kortim maupun pcl dapat bekerjasama dan saling berkoordinasi. Bekerja dengan benar dan jujur, berdasarkan  konsep dan definisi  sesuai dengan buku pedoman yang telah diberikan instruktur daerah. Karena semua petugas ST2013  punya andil untuk menjadikan petani menjadi lebih sejahtera,  ucap Rusman Desiar.    

·          Foto n Narasi by ‘My

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan (BPS-Statistics Kalimantan Selatan Province) Alamat : Jl. Soekarno Hatta/Trikora No 7 Banjarbaru

Indonesia. Telepon : +62 511 6749001

Fax : +62 511 6749106 Email : bps6300@bps.go.id

bps6300@gmail.com

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik