Rapat Analisis Ekonomi Regional Kalimantan - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan

Publikasi Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 - Tahap II telah terbit, silakan klik tautan berikut.

Rapat Analisis Ekonomi Regional Kalimantan

Rapat Analisis Ekonomi Regional Kalimantan

2 September 2013 | Kegiatan Statistik Lainnya


Rapat Analisis Ekonomi Regional se Kalimantan tahun 2013 dilaksanakan di Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Bertempat di hotel Mercure Banjarmasin, 21-22 Agustus 2013. Terselenggaranya acara ini adalah hasil kerjasama Badan Perencana Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Kalimantan Selatan dan Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan.

Dengan tema “Mewujudkan Pergeseran Peranan Sektor Ekonomi untuk Kontinuitas Pembangunan Daerah”. Rapat Analisis Ekonomi Regional se-Kalimantan tahun 2013 secara resmi dibuka  oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan H.M. Arsadi mewakili Gubernur Kalimantan Selatan. Dalam acara ini turut berhadir orang nomor satu BPS RI Dr.Suryamin, Kecuk Suhariyanto Deputi Neraca dan Analisis Statistik BPS RI sebagai narasumber beserta rombongan, Kepala BPS provinsi, Kepala BPS kabupaten/kota, Kepala Bappeda provinsi, Kepala Bappeda kabupaten/kota se Kalimantan serta instansi terkait.

                             

Dalam sambutan Gubernur Kalimantan Selatan yang dibacakan H.M. Arsadi, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan bahwa atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyambut baik  dan berharap menjadi tuan rumah yang baik, atas terselenggaranya acara Rapat Analisis Regional Kalimantan tahun 2013 di Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Dan berharap rapat analisis ini menuai hasil yang bermanfaat, untuk pengembangan ekonomi kawasan Kalimantan yang lebih maju lagi.

Lebih lanjut Arsadi menyampaikan, Pulau Kalimantan memiliki keunikan tersendiri dari pulau lainnya di Indonesia, mulai dari keunikan flora dan fauna, satu pulau dengan tiga negara, hingga keunikan seni dan budaya yang tumbuh dan berkembang di masyarakat dan banyak lagi keunikan yang lainnya yang tak bisa disebutkan satu persatu.

Menurut Arsadi, Pulau Kalimantan yang kita tempati ini merupakan paru-paru dunia, yang memiliki beraneka ragam potensi ekonomi, seperti bahan galian tambang, mineral dan gas, lahan pertanian dan perkebunan yang luas, perikanan dan kelautan, peternakan, kehutanan dan berbagai potensi lainnya.

Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan kerjasama dan koordinasi untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan potensi Kalimantan yang melimpah ruah, baik untuk pengembangan industri, energi, pangan, maupun investasi lainnya, sehingga muncul dan tumbuh sektor-sektor ekonomi yang lebih meningkat, dan berharap dengan adanya rapat analisis ini, berbagai permasalahan, tantangan, hambatan dan peluang regional Kalimantan disektor ekonomi bisa dikelola dengan sebaik-baiknya. Sehingga memberikan arti penting bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan Kalimantan, yaitu pertumbuhan ekonomi yang mampu memberikan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, serta menghasilkan rumusan penting guna perencaanaan pembangunan di masing-masing provinsi.

Menurut Kepala BPS RI Suryamin dalam sambutannya, bahwa dari tema acara ini sangatlah tepat, karena dalam perekonomian Indonesia, pulau Kalimantan memegang peranan yang penting. Kelompok provinsi di pulau ini memberikan kontribusi sebesar 8,73 persen dari total PDRB Indonesia pada triwulan II tahun 2013.

Capaian ini merupakan kontribusi ke tiga tertinggi di bawah pulau Jawa dan Sumatera yang mencapai 82,05 persen. Secara agregat menurut Suryamin, capaian pembangunan yang dilaksanakan di wilayah Kalimantan pada triwulan II 2013 menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan. Semua wilayah mengalami pertumbuhan ekonomi positif, dengan laju pertumbuhan year-on-year (yoy) berkisar antara 1,12 persen sampai dengan 7,51 persen. Sementara secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi kelompok provinsi di pulau Kalimantan adalah sebesar 3,18 persen.

Secara umum pencapaian pembangunan provinsi di Pulau Kalimantan menunjukkan pergerakan ke arah yang lebih baik, khususnya untuk Provinsi Kalimantan Selatan. Kemajuan ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang relatif stabil, inflasi yang cukup terkendali, penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT) dan turunnya  tingkat kemiskinan.

Keberhasilan itu merupakan kerja keras dari seluruh komponen yang ada, baik pemerintah, dunia usaha maupun lapisan masyarakat. Oleh karena itu rapat analisis ini sangatlah tepat untuk dijadikan ajang diskusi. Wahana untuk mencari kiat ataupun strategi jitu guna memperkuat dan meningkatkan potensi ekonomi regional Kalimantan dan sebagai forum untuk merumuskan dan melahirkan langkah-langkah strategis dan brilian dalam rangka memperkokoh kekuatan fundamental ekonomi wilayah Kalimantan serta memanfaatkan segala keunggulan kompetitif dan komparatif yang dimiliki untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas,ucap Suryamin.

Foto & narasi by ‘My
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan (BPS-Statistics Kalimantan Selatan Province) Alamat : Jl. Soekarno Hatta/Trikora No 7 Banjarbaru

Indonesia. Telepon : +62 511 6749001

Fax : +62 511 6749106 Email : bps6300@bps.go.id

bps6300@gmail.com

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik