Survei Industri Besar dan Sedang Bulanan - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan

Publikasi Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 - Tahap II telah terbit, silakan klik tautan berikut.

Survei Industri Besar dan Sedang Bulanan

Survei Industri Besar dan Sedang Bulanan

24 Juni 2012 | Kegiatan Statistik


Tinjauan Umum

Pembangunan bidang industri merupakan bagian integral dari pembangunan Provinsi Kalimantan Selatan yang harus dilaksanakan secara terpadu dan berkelanjutan, sehingga pembangunan bidang industri dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Kontribusi sembilan sektor lapangan usaha menunjukkan bahwa sektor industri pengolahan tetap sebagai the leading sector yang memberikan sumbangan terbesar dalam pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Selatan. Sektor industri merupakan komponen utama dalam pembangunan ekonomi regional. Sektor ini tidak saja berpotensi memberikan kontribusi ekonomi yang besar melalui nilai tambah, lapangan kerja dan devisa, tetapi juga mampu memberikan kontribusi yang besar dalam transformasi kultural provinsi kearah modernisasi kehidupan masyarakat yang menunjang pembentukan daya saing regional.

Tujuan dan Sasaran

Mengingat pentingnya peran sektor industri pengolahan terhadap pembentukan PDRB, maka diperlukan indikator dini untuk mengamati perkembangan industri pengolahan, dimana salah satunya adalah indeks produksi Industri Besar dan Sedang (IBS) Bulanan. Indeks produksi tersebut dihasilkan dari pengolahan Survei IBS Bulanan yang datanya diperoleh dari beberapa perusahaan besar dan sedang yang terpilih sebagai sampel.

Sejak tahun 2010, survei ini sudah mulai dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Selatan. Hasil Survei Industri Besar dan Sedang( IBS ) Bulanan digunakan untuk menghitung indeks produksi, harga, nilai, dan tenaga kerja secara bulanan, serta persentase kapasitas produksi. Angka Indeks digunakan untuk melihat laju pertumbuhan industri khususnya sektor industri pengolahan. Oleh karena itu tujuan utama IBS Bulanan adalah :

  • Untuk menghasilkan Indeks 1-digit (total) pada level provinsi
  • Untuk menghasilkan Indeks Industri IBS Bulanan yang lebih valid dan reliable yang digunakan untuk penghitungan PDRB Provinsi Triwulanan sampai dengan 1-digit (total).

Metodologi

Data runtun Indeks Produksi Industri Besar dan Sedang Triwulanan ini merupakan hasil Survei Industri Pengolahan Besar dan Sedang Bulanan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan. Indeks menggunakan tahun dasar 2000 = 100

Kerangka sampel yang digunakan berasal dari hasil Survei Industri Besar dan SedangTahunan, tahun 2005 meliputi beberapa perusahaan terpilih yang representative untuk 2 digit KBLI tahun 2005

Metodologi penarikan sampel menggunakan metode Cut off Point dan Probability Proportional to Size (PPS). MetodeCut off Point adalah metode penarikan sampel dengan berdasarkan nilai output tertentu yang akan dipilih secara certainly dan sisanya dipilih dengan metode PPS sampling dengan nilai output sebagai sizenya.

Ruang Lingkup

Beberapa perusahaan yang terpilih sebagai sampel dalam Survei Industri Besar dan Sedang (IBS) bulanan Provinsi Kalimantan Selatan menggunakan kerangka sampel darihasil Survei IBS Tahun 2005.

Jadwal Kegiatan

Survei Industri Besar dan Sedang( IBS ) Bulanan dilaksanakan pada setiap bulan. Angka indeks yang dihasilkan oleh survei ini dihitung setiap triwulanan dan hasilnya di publish dalam bentuk BRS triwulanan.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan (BPS-Statistics Kalimantan Selatan Province) Alamat : Jl. Soekarno Hatta/Trikora No 7 Banjarbaru

Indonesia. Telepon : +62 511 6749001

Fax : +62 511 6749106 Email : bps6300@bps.go.id

bps6300@gmail.com

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik